Selasa, Maret 08, 2016

7 Cara Mengatasi Anak Pemarah

Berkas Sekolah

7 Cara Mengatasi Anak Pemarah

Info Berkas Sekolah – Marah merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh manusia. Hampir setiap manusia, memiliki sifat marah dalam dirinya. Namun, ada yang berhasil mengendalikan amarah tersebut dan ada pula yang tidak bisa mengendalikannya. Sifat marah juga bisa terjadi pada anak-anak.


Ilustrasi Anak yang Pemarah


Anak pemarah bisa menjadi masalah bagi kedua orangtuanya. Bayangkan saja, apabila anak kita seringkali marah-marah tatkala permintaannya tidak dikabulkan oleh kita sebagai orangtua. Pastinya, orangtua akan merasa pusing untuk menghadapinya. Apalagi, jika keinginannya ‘Pok torolong’ , artinya langsung harus dituruti pada saat itu juga. Jika tidak, maka dia akan marah-marah.

Banyak sekalai macamnya ketika anak itu marah, ada yang membanting membanting pintu, menendang meja, melempar sesuatu yang di dekatnya, mengacaukan segala hal dengan berteriak-teriak penuh kemarahan, atau mungkin dengan mengurung diri di kamar tanpa mau makan dan minum.

Anak yang memiliki sifat pemarah dapat menjadi masalah untuk orangtua dan juga anak. Dengan begitu, orangtua diharapkan bisa memaklumi dari sifat anaknya tersebut. Setidaknya, terdapat 6 cara untuk mengatasai anak yang pemarah. Hal ini sebagaimana dikutip dari ‘The baby Book’ karangan William dan Martha Sears, tentang cara yang bisa dilakukan untuk meredamkan amarah, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Mempelajari hal yang menyebabkan anak marah
Hal apa yang bisa memicu kemarahan anak perlu detahui secara pasti, misalnya lapar, bosan, suasana lingkungan yang tidak mendukung ataupun yang lainnya. Dengan begitu, maka orangtua bisa mencegah kemarahan anak.


2. Memeluk dan merangkulnya dengan erat
Tak sedikit anak yang kehilangan kontrol akan menjadi lebih tenang saat dipeluk. Pelukan ini tidak akan terlalu mengekangnya. Akan tetapi, tetaplah memberinya keamanan dan kenyamanan yang dibutuhkan ketika sedang marah.


3. Memberikan contoh sikap tenang pada Anak
Pada dasarnya, anak mempelajari segala sesuatu dari apa yang mereka lihat dan dengar. Oleh karena itu, penting sekali untuk mencontohkan sikap tenang dihadapannya. Apabila lingkungan disekitarnya suka marah-marah, bisa jadi anak akan menganggap jikaperilaku tersebut adalah hal yang wajar.


4. Ketahui siapa yang sedang marah
Jika orangtua adalah orang yang mudah emosi. Maka akan sangat mudah bagi anak pun untuk memancing kemarahan dan berakhir dengan lomba saling teriak tanpa ada penyelesaian. Dengan begitu, ketahuilah siapa yang sedang marah supaya kondisi tetap terkendali.


5. Menahan diri adalah terapi yang baik
Cobalah menunggu hingga dirinya tenang, sebelum memulai konseling maupun mengatasi permasalahannya. Pasalany, apabila dirinya masih marah-marah kemungkinan Anda akan terpancing juga untuk ikut marah.


6. Usahakan untuk tetap tenang meskipun berada di tempat umum
Sebaiknya, orangtua tidak memperlihatkan kemarahan pada anak di depan orang banyak. Hal itu akan semakin menunjukkan rasa marahnya. Jadi, cobalah untuk menggendongnya dan membawa ke tempat lebih sepi.

7. Silahkan dikembangkan sendiri..

Sumber :
http://belajarpsikologi.com/cara-mengatasi-anak-pemarah

FILE PENTING LAINNYA

    7 Cara Mengatasi Anak Pemarah ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Artikel dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian di Google.