0
File Name : 6 Jenis Kesalahan Guru yang sering dilakukan | File Size : Selasa, Maret 08, 2016 Kb

6 Jenis Kesalahan Guru yang sering dilakukan 

Info Berkas Sekolah – Sebagai manusia, pastinya tak akan pernah luput dari kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan suatu kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak. Kesalahan itu juga bisa terjadi dengan guru, bangkan mungkin saja seringkali dilakukan oleh guru.

Di bawah ini adalah 6 jenis kesalahan yang seringkali dilakukan oleh guru yang dikutip dari sekolahdasar.net (1/3/2016). Silahkan disimak penjelasannya!


6 Jenis Kesalahan Guru yang sering dilakukan


1. Merasa Paling Pandai
Merasa paling pandai dikelas merupakan sebuah kesalahan dari guru yang seringkali tidak disadari. Kesalahan ini berawal dari kondisi, jika secara umum siswa di sekolahnya relatif lebih muda dari gurunya. Hal itu menjadikan guru merasa bahwa siswa lebih bodoh dibandingkan dirinya. Siswa dianggap sebagai gelas yang perlu di isi air ke dalamnya. Atau kertas putih yang perlu digores dengan tinta agar terisi

2. Mengambil Jalan Pintas Dalam Pembelajaran
Tugas paling utama dari seorang guru adalah mengajar. Beberapa kasus menunjukkan jika tak sedikit diatara para guru yang merasa telah mengajar dengan baik. Walaupun terkadang tak bisa menjelaskan alasannya yang berdasar pada asumsi tersebut. Guna menghindari itu semua, guru harus memandang jika pembelajaran merupakan suatu system. Apabila salah satu komponennya terganggu, maka akan menggangu seluruh sistem tersebut.

3. Menggunakan Destructive Disclipline
Belakangan ini tak sedikit perilaku negatif yang dilakukan oleh siswa. Begitu juga dalam proses pembelajaran. Guru akan mengahadapi berbagai situasi yang menuntutnya untuk melakukan tindakan disiplin. Dalam hal ini, tak dimungkiri jikai guru memberikan hukuman kepada siswanya tanpa melihat latar belakang dari kesalahan yang diperbuat oleh siswa tersebut. Tak jarang jika guru memberikan hukuman di luar batas kewajaran pendidikan, dan banyak guru yang memberikan hukuman terhadap siswa tak sesuai dengan jenis kesalahannya.

4. Menunggu Peserta Didik Berperilaku Negatif
Di kelas, guru berhadapan dengan banyak siswa, dimana seluruhnya ingin diperhatikan. Siswa tersebut akan berkembang secara optimal dengan adanya perhatian dari guru secara positif. Sebaliknya, perhatian negatif akan menghambat perkembangan dari siswa itu sendiri. Biasanya, siswa akan merasa sangat senang jika mendapat pujian dari guru dan sebaliknya akan merasa kecewa jika tidak diperhatikan sama sekali.

5. Mengabaikan Perbedaan Siswa
Mengabaikan perbedaan individu siswa menjadi kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh guru. Padahal kita tahu bahwa memiliki perbedaan yang mendasar dalam pembelajaran. Setiap siswa mempunyai perbedaan unik. Mereka memiliki kekuatan, kelemahan, minat, dan perhatian yang berbeda-beda. Selain itu latar belakang keluarga juga berbeda, baik sosial ekonomi, dan lingkungannya.

6. Diskrimatif kepada siswa
Tidak sedikit guru yang melakukan diskriminatif kepada salah seorang muridnya di kelas. Mungkin karena Tidak suka akan penampilannya, Sopan santunnya juga dengan perilakunya selama di sekolah. Ini menjadi fatal apalagi siswa tersebut sering membuat ulah selama di kelas.

Preview

Klik Bagikan sebelum Download

Informasi Berkas Sekolah Lainnya

    Posting Komentar

     
    Top