0
File Name : 6 Cara Menghadapi Siswa yang Bandel dan Suka Melawan | File Size : Selasa, Maret 08, 2016 Kb

6 Cara Menghadapi Siswa yang Bandel dan Suka Melawan

Info Berkas Sekolah – Menemukan siswa yang hiperaktif di kelas tidaklah sulit. Hiperaktif seringkali diidentikkan dengan nakal atau ‘bandel’. Mungkin saja, hampir di tiap sekolah pun memiliki siswa yang bisa dikategorikan pada bandel tersebut. Biasanya, siswa yang bandel itu adalah ketika belajar tidak mendengarkan guru, ngobrol pada saat belajar, atau juga lari-larian di dalam kelas ketika kegiatan belajarnya.


6 Cara Menghadapi Siswa yang Bandel dan Suka Melawan


Nah, apabila di kelasnya terdapat siswa yang seperti itu. Berikut ini adalah 5 cara untuk mengatasinya, yang telah berhasil Nadi Guru rangkum dari laman Perempuan.Com (Minggu, 06/03/2016). Silahkan disimak penjelasannya!

1. Mengarahkan perilaku siswa
Seorang guru memiliki kewajiban untuk mengarahkan perilaku siswa, khususnya yang termasuk dalam katgori membandel. Apabila siswa itu mulai tidak menghiraukan perintah dari gurunya, katakanlah tidak mengerjakan tugas sekolah (PR). Sebaiknya segera untuk mengingatkan tentang kewajibannya selaku siswa yaitu belajar.


2. Mendekati siswa yang sedang ribut
Apabila siswa di dalam kelas telah ribut dan susah untuk diatur, sehingga menyebabkan keramaian di. Sebaiknya cobalah untuk mendekatinya. Biasanya, jika guru tersebut melakukan hal seperti ini, maka murid akan merasa segan dan otomatis mereka semua menjadi diam.


3. Menyuruh Siswa Berhenti Membuat Keributan dengan Tegas
Bagi siswa yang seringkali membuat ulah keributan di kelas, cobalah untuk ditegur dan disuruh berhenti ributnya dengan menggunakan nada yang tegas dan ditujukan secara langsung. Sebaiknya, cobalah untuk menjalin kontak mata dengan siswa itu dan suruhlah siswa itu menghentikan tindakannya tersebut yang membuat keribuatan di dalam kelas, sehingga konsentrasi untuk belajar menjadi terganggu.


4. Memberikan Murid Pilihan
Tanggung jawab meski diajarkan oleh guru kepada siswa. Bukan saja hanya memberi tahu berkaitan dengan tanggung jawab. Namun selain itu juga, perlu diberikan gambaran mengenai dua pilihan dalam bertindak. Pilihan itu ada bertindak benar dan ada pula yang bertindak seenaknya sendiri. Tapi, diterangkan pula sisi baik dan buruk dari kedua pilihan itu. Sehingga, siswa bisa menyimpulkan sendiri, bahwa pilihan yang baiklah yang harus diambil.


5. Memberikan Instruksi yang Dibutuhkan
Tak dimungkiri, jika beberapa siswa melakukan suatu kesalahan ketika mengerjakan tugas sekolah. Katanya, ini juga bisa dikarenakan murid tersebut adalah bandel. Untuk mengatasi masalah tersebut, nampaknya guru harus memantau dan memperhatikan siswa. Tentunya, dengan memberikan petunjuk yang jelas agar bisa dipahami oleh siswa dan sesuai yang dibutuhkan.

6. Memberikan contoh dengan Pengalaman
Siswa biasanya sangat menyukai dengan cerita pengalaman atau kejadian yang sudah pernah terjadi. Dengan memberikan cerita siswa terbawa suasana dan memposisikan dirinya terlibat didalamnya sehingga ini bisa menjadi renungan untuk siswa tersebut untuk memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Sumber :
http://perempuan.com/read/tips-para-guru-menghadapi-murid-yang-bandel/

Preview
Informasi Berkas Sekolah Lainnya

    Posting Komentar

     
    Top