Senin, Februari 22, 2016

Sistem Ijon Ternyata ada di Sektor Pendidikan Indonesia

Berkas Sekolah

Sistem Ijon Ternyata ada di Pendidikan

Sistem Ijon Ternyata ada di Sektor Pendidikan Indonesia

DEPOK - Indonesia Corruption Watch (ICW) menila, akar masalah korupsi pendidikan di Indonesia berasal dari perencanaan. Alhasil, banyak sekolah yang tidak menikmati fasilitas pendidikan lantaran kalah sebelum berperang.

"Korupsi di bidang pendidikan hulunya ada di perencanaan. Contohnya usulan pengadaan s‎pek barang. Spek ditentukan di pusat dan proyeknya diserahkan ke daerah. Namun pelaksanaan di daerah, sistem ijon sangat kuat. Daerah yang sudah mengijon duluan, itu yang dapat proyeknya," beber Peneliti ICW Ade Irawan, Senin (22/2).

Sistem ijon di bidang pendidikan, sambung Ade, sudah lama berlaku di daerah. Tidak heran, daerah yang semestinya dapat proyek pendidikan malah gagal karena kalah dengan pemenang ijon.

"Sistem ijon ini bisa memberikan komitmen fee sebesar tujuh sampai delapan persen. Dengan dasar itu, proyek akan turun. Parahnya lagi daerah yang anggarannya terbatas menggandeng pengusaha untuk meminjamkan dana. Begitu proyek turun, pengusaha ini juga menikmati dana pendidikan," terangnya.(esy/jpnn).

Kutipan berita yang diambil dari JPNN pada Kriteria Pendidikan. Kalau disimpulkan berarti yang menjadi sorotan disini terjadinya Sistem Ijon Pada Tingkat Kabupaten/Kota di Dinas Pendidikan. Maka dari itu, sekarang ini Pemerintah sedang menggalakan kegiatan Rekapitulasi Inventaris Barang dan Inventaris Ruang baik dari DAK, Bantuan Provinsi, Bantuan Rehabilitasi Ruang, RKB untuk dengan teliti melaporkan dimulai dari sekolah berdiri sampai dengan saat ini. 

Ini mungkin cara pemerintah untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan juga sebagai evaluasi kedepannya supaya lebih baik dan tepat sasaran dalam mengucurkan anggaran untuk Pendidikan di Indonesia.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/02/22/358744/Sistem-Ijon-Ternyata-Juga-Ada-di-Pendidikan-

FILE PENTING LAINNYA

    Sistem Ijon Ternyata ada di Sektor Pendidikan Indonesia ini merupakan salah referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk Artikel dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian di Google.